Pantai Pelang : Surga "Southern Paradise" yang Tersembunyi

Perjalanan wisata sekaligus gathering ini dimulai dari kota Malang menuju kabupaten di selatan Jawa Timur dan berangkat sekitar jam sembilan malam. Seperti konvoi karena beriringan dengan enam mobil corolla dx yang ditempuh dalam waktu 6-7 jam. Tujuan wisata plus gathering komunitas kami kali ini adalah Pantai Pelang, Trenggalek, yang disebut sebagai Southern Paradise of East Java. Pantai Pelang pernah dinominasikan dalam Anugerah Wisata Jawa Timur tahun 2017. Keindahan pantai ini sangat membuat pengunjungnya tidak rugi datang jauh-jauh ke Pantai Pelang.

Akses 

Pantai Pelang berada di desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek yang berbatasan dengan Kabupaten Pacitan. Rute dari pusat kota Trenggalek ditempuh dalam waktu dua jam dengan jarak 70 kilometer ke arah barat daya.

Pantai Pelang dapat diakses dengan kendaraan pribadi juga kendaraan umum seperti minibus arah Trenggalek-Lorok (Pacitan) turun di depan pintu masuk Pantai Pelang. Dari sana bisa naik ojek masuk ke pantainya. Tapi memang recommended kalau naik kendaraan pribadi yang jelas lebih nyaman, hehe. Untungnya akses jalan dari Malang ke Trenggalek sudah bagus dan beraspal walaupun berkelok-kelok.

Tiket masuk

Tiket masuk ke Pantai Pelang ini tidak mahal. Hanya dengan membayar Rp. 7.000- 8.000 rupiah tahun 2018, pengunjung sudah bisa menikmati keeksotisan Pantai Pelang. Tiketnya sangat murah untuk menikmati surganya yang tersembunyi.


Wisata Pantai Pelang

Begitu masuk kawasan wisata Pantai Pelang, pohon-pohon kelapa yang rimbun membuat cuaca menjadi sejuk. Tempat parkirnya sangat luas. Makanya tempat ini dipilih untuk kegiatan gathering Club Corolla DX karena bisa menampung banyak mobil.

Pohon Kelapa dan Cemara semakin mempercantik pantai alami ini. Hamparan pasir pantai yang bersih dari sampah membuat pengunjung betah berlama-lama bermain pasir. Landmark bertuliskan "Pantai Pelang" di antara pepohonan menjadi salah satu spot untuk berfoto.

Landmark Pantai Pelang
Pantai Pelang

Sepanjang pantai ini berada di wilayah dengan teluk yang menjorok ke daratan. Dengan kelebihan tersebut, pengunjung dengan mudah dapat melihat pemandangan pantai yang luas.

Pantai Pelang
Keindahan Pantai Pelang


Pantai ini juga memiliki goa pertapan. Goa ini dulunya digunakan untuk bertapa orang jaman dulu. Tebing-tebing yang menjorok ke jalur pejalan kaki menambah keeksotisan kawasan wisata ini.

Eksotisme Pantai Pelang
Keeksotisan Tebing Pantai Pelang

Obyek wisata yang tidak lupa untuk dikunjungi di Pantai Pelang ini adalah air terjun. Sangat jarang sekali ada air terjun di pinggir pantai. Dan air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Bentuk air terjun ini sangat berbeda dengan air terjun yang lain. Air terjunnya tidak begitu tinggi dan airnya mengalir melewati bebatuan yang ada di bawah air terjun.

Air Terjun Pantai pelang
Air Terjun


Begitu sampai air terjunnya, sudah banyak pengunjung yang mandi di bawahnya. Apalagi bentuk air terjunnya seperti tangga. Pepohonan yang rimbun melindungi pengunjung dari terik matahari sehingga pengunjung tetap nyaman bermain-main air. Walaupun aman untuk anak kecil, orang tua harus tetap mengawasi karena batu-batunya cukup licin.

Fasilitas

Kolam renang pun disediakan di tempat ini. Sayangnya, waktu itu sedang direnovasi.

Fasilitas-fasilitas yang disediakan di Pantai Pelang cukup lengkap seperti warung makan, toilet, musholla, tempat parkir, dan tempat kemah.

Kolam Renang di Wisata Pantai Pelang
Kolam Renang

Bagi yang sudah datang ke Pantai Pelang bisa sekalian menikmati Pantai Konang yang bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar dua kilometer. Jika beruntung, pengunjung akan menjumpai pemandangan nelayan-nelayan yang baru saja datang menebar jala ikan dan akan menarik jala untuk mengambil ikan yang terjaring.

Travel Gathering


Gathering Corolla Club
Gathering Komunitas

Asyiknya mengikuti travel gathering ini adalah selain bisa ikut berkumpul dengan komunitas juga bisa menjadi sarana dalam mempromosikan wisata bahari Pantai Pelang yang belum terekspos.

Tim Penulis Retroline Corner dikelola oleh penulis dan pendidik yang menyukai dunia otomotif Tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Laily Fitriani
8 Maret 2022 14.11 delete

Bagus pantainya, jadi pengen mantai nih Mbak.

Reply
avatar
13 April 2022 21.45 delete

Masyaallah indah banget mba, berasa mau ke sana. Menikmati alam dan juga foto-foto, mana suasananya romantis ya

Reply
avatar