Proses Balik Nama Motor Beda Kota di Jawa Timur

Balik nama motor




Sebenarnya motor yang mau diurus balik nama sudah lama sekali belinya. Karena tidak mau repot, kami pun melakukan balik nama motor beda kota satu provinsi. Awalnya motor kami berasal dari Plat L (Surabaya) dan akan diganti dengan Plat N (Malang).

Kami memutuskan untuk mengurus sendiri, tidak lewat calo, karena kami punya berkas-berkas lengkap. Dan harapannya bisa cepat.

Proses Balik Nama Motor di Samsat Manyar Surabaya


Hari Sabtu, kami pun datang ke Samsat Manyar dimana berkas motor itu terdaftar. Jam delapan pagi parkir mobil sudah penuh. Syukurnya, masih ada satu parkir kosong yang bisa ditempati. Jadi kalau mau ke sini lebih baik datang sebelum jam delapan karena antrinya akan banyak. Proses balik nama motor di Samsat Manyar Surabaya seperti berikut :

1. Meminta map balik nama


Saya meminta map balik nama ke petugas yang ada di depan. Beliau meminta saya untuk antri di loket yang ada di belakang beliau. Antrinya sudah panjang sekali. Saya pun segera masuk ke dalam antrian.

2. Menyerahkan berkas sekaligus mengambil nomor antrian


Setelah giliran saya, saya menyerahkan syarat berkas balik nama motor (KTP, BPKB, cek fisik bantuan dari Malang, STNK). Petugas merapikan berkas dan di staples. KTP asli saya dimasukkan dalam mika khusus KTP dan di staples. Bagus sih biar nggak jatuh-jatuh.

Dan ternyata masih ada satu berkas yang kurang yaitu nota bukti pembelian motor. Petugas meminta saya untuk minta nota bukti pembelian motor di fotocopyan dekat parkir mobil.

Saya pun pergi ke sana. Ternyata petugas fotocopyan membuatkan nota tulis tangan tentang pembelian motor. Kemudian mereka akan fotocopy nota tersebut sama beberapa berkas pendukung. Harga beli nota pembelian motor tersebut Rp.20.000,-.

Di fotocopyan ini petugasnya sudah mahir sekali. Mereka menata berkas dengan sangat rapi, mulai dari STNK asli, BPKB asli, berkas cek fisik bantuan dan fotocopyan masing-masing. Semua dicek berkas yang ada dan distaples. Jika masih ada yang kurang, mereka akan bilang dan melakukan fotocopy.

Setelah itu saya ke loket tadi tanpa harus antri lagi. Tinggal menyerahkan berkas yang diminta saya pun dapat antrian A 100 sekian. Sementara saat itu antrian masih nomor A 60an. Wew.

Sekitar 1,5 jam akhirnya nama saya dipanggil. Setelah itu, petugas meminta saya ke loket fiskal yang ada di ruangan dalam.

3. Ke loket fiskal


Di sini petugas akan cek berkas dan melakukan pembayaran sekitar Rp. 140.000.

4. Ke ruang arsip


Ruang arsip Samsat Manyar Surabaya berada di lantai tiga. Di sana kita tinggal meletakkan berkas di atas meja petugas karena biasanya petugas tidak ada karena sedang mengambil berkas para pemohon di ruangan yang ada di belakang. Menunggu sekitar setengah jam akhirnya berkas kami dipanggil untuk siap dibawa ke Polda Jatim.

5. Ke KI Polda Jatim


Hari Selasa, kami pergi ke Polda Jatim tepatnya ke ruang KI yang berada di belakang gedung Bulutangkis dekat masjid. Kita harus melewati gang kecil yang ada di samping Gedung Bulutangkis untuk masuk ke ruang KI. Ruang KI ini berada di lantai 2.

Tempatnya tidak begitu luas jadi kalau orang banyak cukup berdesak-desakan. Saya pun menaruh berkas dari saya di meja. Di sini hanya perlu waktu 15 menit kemudian berkas siap di bawa kembali ke Samsat Manyar.

6. Kembali ke Samsat untuk menyerahkan berkas KI


Saya langsung ke lantai tiga ruang arsip. Sekitar satu jam nama saya pun dipanggil. Kemudian berkas siap untuk diberikan kepada loket selanjutnya.

Di sini banyak juga pemohon yang diminta ke POLDA dulu untuk meminta dokumen KI. Dan KI di POLDA batasnya sampai jam 12 saja. Jadi rata-rata harus ke POLDA besoknya.

7. Ke loket mutasi keluar


Saya pun turun di lantai satu dan langsung menyerahkan berkas ke loket mutasi keluar. Di sini kita akan diminta untuk mengecek nama yang akan tertera di STNK.

8. Menunggu proses


Setelah itu kita menunggu 15 hari untuk proses cetaknya.

9. Ambil berkas


Setelah 15 hari, saya kembali ke Smasat Manyar. Di sana, petugas menuliskan nama saya, kemudian di stempel. Pagi sampai samsat jam sembilan kurang. Setengah jam selesai.


Prosesnya Gampang, kan?


Jika di total, kami membutuhkan waktu 2 hari dan dua kali datang ke Samsat dan satu kali ke Polda (Hari 1 Samsat Manyar- Hari 2 Polda Jatim-Hari 2 Samsat Manyar) untuk mengurus proses balik nama motor beda kota satu provinsi. Jadi bagi kalian yang bekerja, mending mengurus di hari sabtu kemudian ijin cuti hari Senin. Lebih baik kalian datang pagi-pagi ke Polda karena di Polda hanya sampai jam 12 siang. Jadi masih bisa sempat ngurus ke Samsat Manyar.

Setelah itu, berkas dibawa ke Samsat di Malang untuk diproses selanjutnya. Bayangkan kalau misal kotanya jauh dari tempat tinggal butuh proses berhari-hari sampai akhirnya bisa diproses di kota asal.

Kalau dipikir-pikir mending urus sendiri atau minta bantuan orang lain? Tergantung kalian deh. Memang sih lebih baik urus sendiri tapi kalau kalian sibuk dengan kerjaan jadi untuk urus seperti itu sangat menghabiskan waktu karena harus bolak-balik ke samsat mending minta bantuan orang lain. Bisa pakai surat kuasa kok.

Tim Penulis Retroline Corner dikelola oleh penulis dan pendidik yang menyukai dunia otomotif Tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

12 comments

comments
25 Juli 2022 14.52 delete

Gampang tapi lama juga ya prosesnya. Kudu siap2 sebelum bener2 butuh karena ga bisa dadakan kayak tahu bulat, ya

Reply
avatar
25 Juli 2022 18.38 delete

wah proses buat balik nama nya mudah yaa.. semoga prosesnya pun gak lama nantinya.

Reply
avatar
26 Juli 2022 10.57 delete

Kalau balik nama cepat selesai dan gampang prosesnya maka bisa tenang gak tekut kena tilang

Reply
avatar
26 Juli 2022 11.38 delete

Kalau masih bisa urus sendiri, sendiri aja gak masalah.
Jadi kan tahu seluk beluknya, dan bisa lebih siap lagi buat pengurusan berikutnya

Reply
avatar
26 Juli 2022 13.11 delete

Pass banget sihh aku saat membaca blog ini lagi antri menunggu proses cabut berkas di polda jaksel. (Gusyi yeni)

Reply
avatar
26 Juli 2022 20.31 delete

Kalau sudah tahu prosedurnya plus lengkap persyaratannya, proses balik nama kendaraan bermotor juga mudah ya kak

Reply
avatar
26 Juli 2022 20.52 delete

Aku dulu pernah mbak urus sendiri seperti ini beberapa tahun lalu saat balik Nama mobil dari Jakarta ke Bekasi. Cepet ya prosesnya. Tapi karena nggak bisa selesai satu hari dan harus bolak balik sekarang aku pakai jasa biro urus pindah plat jni dekat rumah. Kebetulan biayanya murah dan gak harus bolak balik karena si ayah gak bisa cuti

Reply
avatar
26 Juli 2022 21.25 delete

Kayaknya kalau urusan sama birokrasi dan administraasi lembaga gini emang ribet banget ya kak, tapi untung deh sekarang prosesnya udah makin efisien dan bisa dilakukan siapapun

Reply
avatar
26 Juli 2022 23.21 delete

Gampang! Kalau ga banyak drama-drama yaa, hehhee yang pasti sebelum ke kantornya semua berkas harus dibawa dengan lengkap biar gak bolak-balik.

Reply
avatar
26 Juli 2022 23.29 delete

kak btww plat malang itu N, kan. kalau M madura.. untung lah masih deketan ya kak, masih satu provinsi jadi masih bisa diurus sendiri. emang aku sendiri pengalaman urus dokumen2 di kepolisian suka makan waktu seharian hahah

Reply
avatar
26 Juli 2022 23.41 delete

Sabar banget, kak..
Aku yakin dari satu urusan ke urusan lain membutuhkan tenaga ekstra. Mengingat langkahnya yang panjang dan dokumen yang kudu dilengkapi. Alhamdulillah gak sampai di bal-bal ke sana kemari yaa..
Sudah well-prepared sekali.

Selamat pindah kota, kak.

Reply
avatar
27 Juli 2022 04.22 delete

Kalau di Jakarta yang bikin gak tahan tuh antrinya, ditambah jarak ke samsat yang jauh. Jadi kalau bolak-balik bener2 makan waktu. Keputusannya memang lewat agen. Di sini banyak banget agen balik nama. Ya punya "orang dalem" juga sih. Kalau dipikir-pikir kadang pengin tahu prosesnya. Tapi kadang gak worthed antara waktu yg dibutuhkan dengan proses yg sebenarnya sederhana saja.

Reply
avatar