Perpanjangan SIM Online Lewat Aplikasi Digital Korlantas



Tahun ini SIM A dan C saya sudah harus diperbarui.

Rencananya saya akan datang langsung untuk memperbarui SIM mobil dan motor di Malang. Ada tempat untuk memperpanjang SIM A dan C di Kota Malang yang hanya satu hari jadi yaitu di Plaza Araya.

Saya pun tanya ibu, berapa hari sebelum perpanjang SIM? Karena ibu baru saja perpanjang SIM C. Ternyata kalau perpanjang SIM di Plaza Araya harus saat hari H. Sementara, batas hari terakhir SIM saya adalah hari minggu. Jelas saja pelayanan perpanjangan SIM di Plaza Araya tutup hari itu. Jangan sampai saat menyetir mobil di jalan tol tiba-tiba di exit tol dicegat polisi untuk diminta menunjukkan SIM.

Saya tidak tahu apakah memperpanjang SIM bisa H-1? Kalau tidak boleh, maka saya harus pergi ke kantor Satpas Polresta Malang di Jalan Dokter Wahidin. Sayangnya, jadwalnya terlalu mepet jika saya harus ke sana karena domisili saya berbeda dengan alamat di KTP. 


Apakah bisa perpanjang SIM online?

Ternyata perpanjang SIM bisa online. Saya mencari informasi bagaimana perpanjang SIM online. Saya memutuskan untuk perpanjang SIM A dan perpanjang SIM C online yaitu dengan aplikasi SINAR. Saya pun cari aplikasi perpanjang SIM di Google Play Store. Di Google PlayStore ternyata namanya bukan SINAR tapi Korlantas POLRI.

Kapan bisa perpanjang SIM online?

SIM bisa diperpanjang secara online dari 90 hari atau 3 bulan sebelum tanggal masa berlaku SIM berakhir. 

Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Aplikasi Digital Korlantas POLRI adalah aplikasi resmi dari Korlantas POLRI Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan Korlantas. Dalam aplikasi ini, masyarakat dapat menggunakan menu:

• SINAR (SIM Nasional Presisi)

• Perpanjangan SIM

• Pembuatan SIM Baru (akan segera tersedia)

• SIGNAL (Samsat Digital Nasional)

• Pembayaran PKB (akan segera tersedia)

• E-TBPKP dan E-Pengesahan (akan segera tersedia)

• SAMSAT Keliling (akan segera tersedia)

• NTMC POLRI

• CCTV (akan segera tersedia)

• Berita (akan segera tersedia)

• ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement)

• Notifikasi Real Time (akan segera tersedia)


Perpanjang SIM online

Keunggulan Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Keunggulan menggunakan Aplikasi Digital Korlantas POLRI yaitu:

Digital ID

Representasi digital dari identitas fisik yang disimpan secara online dengan sistem keamanan data yang terenkripsi.

Biometric Authentication

Penggunaan Face Recognition dengan fitur Liveness yang terintegrasi dengan data biometrik E-KTP sehingga data Anda terlindungi oleh sistem.

Mempercepat Proses Administrasi

Pelayanan terintegrasi secara daring sehingga mempercepat proses administrasi.

Memudahkan Proses Pembayaran

Kalian dapat melakukan pembayaran dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia di aplikasi.

Tidak Perlu Datang ke SATPAS / SAMSAT

Bagi yang tidak ingin datang ke SATPAS/ SAMSAT, dokumen dikirimkan langsung ke rumah Anda. Tapi kalau mau ambil sendiri, kalian bisa memilih pilihan Diambil Sendiri.

Syarat Memperpanjang SIM lewat Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Ketika memutuskan memperpanjang SIM lewat aplikasi Digital Korlantas ada beberapa persyaratan perpanjang SIM A dan SIM C tahun 2022. Dokumen yang harus dipenuhi seperti:

- Pas foto background biru format jpeg, jpg, png. Resolusi 480 x 640 pixel.

- Foto fisik E-KTP format jpeg, jpg, png. Resolusi 480 x 640 pixel.

- Foto SIM lama format jpeg, jpg, png. Resolusi 480 x 640 pixel.

- Foto tanda tangan di atas kertas putih format jpeg, jpg, png. Resolusi 480 x 640 pixel.

Apakah Perpanjangan SIM dites lagi?

Perpanjangan SIM harus dites lagi, baik tes kesehatan maupun psikologi.

- Tes psikologi di aplikasi epPsi. Untuk aplikasi ini saya tidak instal jadi saya langsung mengerjakan tes di website epPsi. Saran saya kalian bisa belajar dulu (sekutar 15 menit) soal-soal yang keluar pada tes perpanjangan SIM. Biaya tes psikologi perpanjang SIM di aplikasi epPsi adalah Rp. 35.000,-. Pembayaran dilakukan bisa melalui mobile banking ataupe-wallet.

- Tes kesehatan jasmani. Pendaftaran tes kesehatan untuk SIM bisa melalui website erikkes.id. Untuk pendaftaran saya tidak instal aplikasi ini tapi saya mendaftar melalui website erikkes.id. Untuk tes kesehatan ini, kalian harus melakukan tes kesehatan langsung di klinik-klinik yang terdaftar di aplikasi erikkes.id. Saat saya ke biddokkes, biaya tes kesehatan perpanjang SIM Rp 35.000,- per SIM. Untungnya tidak antri. Tes kesehatan hanya dicek tekanan darah. Pembayaran bisa dilakukan di website tersebut.
Tapi kalau mau gratis kalian bisa pilih Kliniknya POLRI, nanti kalian akan diarahkan untuk menjawab pertanyaan seputar kesehatan kalian.

Syarat Pas Foto

Pas foto pun ada syaratnya. Syarat pas foto perpanjangan SIM lewat aplikasi Digital Korlantas POLRI adalah:

- Latar belakang biru dengan ukuran 480x640. Warna biru yang dipakai sesuai standar pas foto ya.

- Tidak menggunakan kacamata

- Tidak memperlihatkan gigi

- Tidak menggunakan jilbab biru

- Tidak memakai penutup kepala seperti topi atau peci

- Foto wajah menghadap ke depan.

Beberapa kali saya harus ulang foto karena gigi masih terlihat. Jadi pastikan benar-benar ya foto sudah benar. Kalau salah jadi memperlambat prosesnya.


Cara Memperpanjang SIM lewat Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Beberapa cara perpanjangan SIM lewat Aplikasi Digital Korlantas POLRI adalah:

1. Download

Kalian harus mengunduh aplikasi Digital Korlantas POLRI di Playstore untuk Android dan di Appstore untuk iOS. Minimal OS untuk Android adalah Android Lollipop versi 5.0.

2. Registrasi

Lakukan registrasi di aplikasi Digital Korlantas POLRI sesuai dengan data yang diminta. Setelah registrasi, aplikasi Digital Korlantas POLRI siap digunakan.

3. Pilih Menu Perpanjangan SIM

Pilih Menu SIM kemudian akan terlihat banyak pilihan. Jika ingin perpanjang SIM maka pilih Perpanjangan SIM. Jika SIM sudah melewati batas akhir sepertinya harus membuat SIM baru.

Perpanjang SIM A online

4. Masukkan registrasi identitas

Data diri yang dimasukkan seperti No NIK, golongan SIM yang akan diperpanjang (jika lebih dari satu jadi memasukkan satu per satu datanya), Nomor SIM lama dan memasukkan persyaratan dokumen yang diminta

5. Kelengkapan persyaratan erikkes dan ePpsi

Dua hasil tes di dua aplikasi berbeda ini akan secara otomatis setelah kita mencentang persyaratan tersebut

6. Pilih lokasi klinik dan satpas

Meskipun rumah saya di Waru, Saya memilih lokasi klinik terdekat di Surabaya yang ada di Biodikkes Ahmad Yani. Sebenarnya ada juga di rumah sakit tapi saya memilih klinik yang tidak ramai. Apalagi di masa pandemi begini, rasanya lebih baik memilih klinik daripada rumah sakit untuk tes kesehatan SIM. Nanti kita tinggal pilih tanggal dan jam berapa ke klinik tersebut. Ketika saya ke klinik, memang tidak ada yang antri, namun petugas di sana cukup sibuk untuk mengurus saya. Petugas akan memeriksa tekanan darah, menanyakan berat, tinggi badan dan nomor handphone. Setelah itu petugas akan menuliskan di kertas. Nanti hasilnya akan otomatis terdeteksi di aplikasi errikes.

Sementara lokasi satpas saya pilih yang Surabaya yang ada di Surabaya Barat.

Sementara jika tes kesehatan tanpa bayar dan dilakukan online, Teman-teman bisa pilih POLRI saja. Nanti tinggal menjawab pertanyaan seputar kesehatan diri. Nanti akan otomatis terdeteksi kalau sudah menjalani tes kesehatan. 

7. Pilih rekening pengembalian

Isi nama bank dan nomor rekening pengembalian kemudian centang persetujuan syarat dan ketentuan. Pengembalian uang jika nanti ternyata ada pembatalan pembayaran karena tidak memenuhi syarat. 

8. Pilih lokasi pengiriman

Saat selesai cetak, dokumen bisa diambil sendiri ke lokasi satpas atau dikirim ke alamat rumah masing-masing dengan Pos Indonesia. Tentu saja ada biaya untuk pengiriman tergantung lokasi. Saya berada di Waru, Sidoarjo dikirim dari Surabaya ataupun dari Sidoarjo kota atau dari Malang biayanya sekitar 25ribu-27ribu rupiah. Sedikit mahal sih menurut saya karena biasanya ongkos kirim kota terdekat dengan ekspedisi Pos Indonesia hanya delapan ribuan. Tapi yah nggak apa2 daripada saya harus ke satpas, belum bensin, biaya parkir dan waktunya.

9. Lakukan pembayaran

Setelah proses dilakukan, melakukan pembayaran melalui ATM BNI, Internet Banking dan Mobile Banking dengan rekening BNI. Rincian pembiayaannya sebagai berikut.

Biaya PNBP SIM A : Rp. 80.000,-, (untuk SIM C Rp. 75.000,-)

Biaya layanan aplikasi : Rp. 10.000,-

Biaya pengiriman dan pengemasan : Rp. 23.501,-

Total : 113.501

Biaya yang ditransfer ke rekening BNI tersebut dibayarkan di luar biaya tes kesehatan dan psikologi.


Sementara jika di total

Biaya tes kesehatan per SIM : Rp. 35.000,-

Biaya tes psikologi (bisa untuk dua SIM) : Rp 37.500,-


Di total pengeluaran keseluruhan untuk biaya perpanjangan SIM A dan SIM C melalui aplikasi Digital Korlantas sebesar (113.501 + 108.501): 222.002,-

Ongkos kirimnya dihitung dua padahal saat pengiriman dijadikan satu. Hmm.

10. Pemrosesan perpanjangan

Setelah itu, dokumen yang sudah di apply segera diproses oleh pihak Satpas yang bertugas. Kita bisa cek progres perpanjangan dalam satuan prosentase. Jika ada yang kurang, maka kita harus unggah ulang seperti saya yang harus unggah ulang foto tanpa gigi. Saya harus memperbarui dokumen. Tinggal klik Perbarui Dokumen kemudian unggah ulang foto yang diminta. Setelah itu tunggu proses kelanjutannya. Yang penting kalian harus sering notifikasi.

Jam operasional pengurusan di aplikasi ini mulai hari Senin-Sabtu dari jam 08.00-15.00 WI
Dokumen akan dikirimkan dalam waktu 3-4 harian. Ketika SIM baru datang ternyata batas akhir SIM sesuai dengan batas apply bukan lagi batas tanggal lahir. Jadi batas terakhir SIM baru maju 4 hari. Tampilan fisiknya menurutku mewah. Belum lagi ditempelkan di kertas kartun jadi terlihat eksklusif.

Perpanjang SIM online Surabaya

Berapa lama proses perpanjangan SIM Online?

Dari pengalaman saya, sejak instal aplikasi Digital Korlantas membutuhkan waktu sekitar 10 harian karena saya masih meraba-raba dan memahami isi aplikasi, menyiapkan dokumen, sampai harus memperbaiki pas foto. Tapi sebenarnya bisa dilakukan dua harian kalau semua persyaratan sudah sesuai dan sudah tes psikologi dan kesehatan. Sedangkan pengirimannya membutuhkan waktu 1-3 harian.

Pilih Perpanjangan Online atau Offline?

Jadi kalau ditanya mending perpanjangan SIM online atau offline. Itu tergantung keputusan kalian. Bisa saja langsung datang ke tempatnya dan langsung jadi dalam waktu satu hari tapi mungkin terlalu mepet ya. Sedangkan kalau online bisa lebih fleksibel dan santai. Apalagi di masa pandemi ini yang lebih nyaman di rumah dibanding harus antri dan berkumpul dengan banyak orang. 

UPDATE JULI 2023

Apa bisa cuma satu hari dari batas masa berlaku SIM?

Jadi setelah mencoba perpanjangan SIM pertama kali secara online, masih bisa dilakukan dengan cepat sekitar 1-2 harian dna pengiriman 3 harian. Total bisa seminggu SIM sudah sampai rumah.

Saat giliran perpanjangan SIM istri, ternyata sampai satu bulan. Sampai kirim email untuk bertanya kenapa lama, alasannya karena stok chip habis!! Baikkk. Istri saya tetap menunggu padahal sudah lewat dari batas akhir masa berlakunya. Setelah itu pengajuan diterima meski sudah lewat masa berlaku. Dan beberapa hari kemudian SIM pun diterima.

Sepertinya semakin kesini, semakin banyak yang apply di aplikasi ini jadi antri dan tidak bisa cepat.

Kalau mau mengurus perpanjangan SIM secara online jangan mepet-mepet ya.

Lebih baik 3 minggu sebelumnya. Atau paling tidak 7 hari sebelum masa berlaku habis.

Jangkauan kota semakin sedikit

Sekarang jangkauan kotanya tidak seperti dulu. Pengalaman Mbak saya saat perpanjangan SIM online berbeda dengan saya. Pertama, tidak ada pilihan kota Malang, dan pilihan kotanya di Jawa Timur jadi semakin sedikit, jadi Mbak saya memilih Sidoarjo. Setelah beberapa hari ternyata pengajuannya ditolak. Mbak saya harus datang langsung ke Polres Malang (Apalagi sekarang sudah nggak pandemi).

Kalau kalian ragu, coba aja dulu lewat online, kalau ternyata seminggu kemudian ditolak, kalian bisa datang ke polres langsung. Jadi, jangan mepet2 yaaa

Biayanya gimana?

Nanti dikembalikan ke rekening yang kalian input ke database.

Dari pengalaman itu, semoga kalian bisa terbantu ya yang mau perpanjang SIM online lewat digital korlantas.

Tim Penulis Retroline Corner dikelola oleh penulis dan pendidik yang menyukai dunia otomotif Tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur

Related Posts

Previous
Next Post »

32 comments

comments
11 Mei 2022 pukul 19.12 delete

Terima kasih infonya, Kak. Sangat bermanfaat. Biaya mengurusnya malah hanya separuh offline 🙈

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 10.19 delete

informasi yang baru banget nih, saya perpanjang SIM 3 bulan yang lalu masih offline. Kena 250k untuk perpanjang SIM C saja

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 10.47 delete

Lewat online pun juga bisa, malah sih menghemat waktu juga ya.
Bisa dimanfaatkan lah, yang penting jangan sampai kelewat batas waktunya

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 11.19 delete

wah asik ya sekarang perpanjang SIM ga perlu lagi datang ke tempatnya, cukup dengan online, lebih praktis dan menghemat waktu pastinya

Reply
avatar
Han
12 Mei 2022 pukul 16.03 delete

Daaan sekarang SIM ku lagi mati doong dan malas mau memperpanjang lagi karena udah telat. Denger2 kalo telat suruh ngurus dari awal lagi ya

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 16.39 delete

makasih, pas suami mau perpanjang sim bln ini, mau perpanjang online aja biar ga ribet lagi yakan

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 20.55 delete

Wah makin mudah ya sekarang, perpanjangan SIM bisa dilakukan via online jadi menghemat energi, waktu dan biaya donk ya pastinya

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 21.22 delete

wahh enak ya mba dan makin praktis dong jadinya, perpanjangan SIM bisa pakai aplikasi online aja nih

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 21.31 delete

Sepertinya suami saya juga tahu info ini sehingga kapan hari minta mengurus SIM ditemani oleh salah seorang yang seprofesi dengannya di dunia percetakan

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 21.48 delete

Wah saya baru tahu info ini
KLO online, berarti semuanya serba online ya kak, enak an yg online ya, g perlu keluar rumah

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 23.25 delete

Jadi meskipun judulnya Perpanjangan SIM Online, tapi semua kelengkapan datanya kudu dipenuhi yaa.. dan biayanya beda tipis sama kalau mengurus langsung di Samsat.
Rasanya pasti lebih hemat waktu.

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 23.41 delete

Perpanjangan SIM melalui online ternyata lebih murah, ya. Walau tetap ada tes kesehatan dan lainnya. Tapi, tidak apa-apa tetap praktis jatuhnya.

Reply
avatar
12 Mei 2022 pukul 23.49 delete

Wah makasih banyak infonya mba, pas banget mau perpanjang SIM juga nih jadi gak mesti ke kantor Samsat lagi bisa online ternyata. Terimakasih banyak ya

Reply
avatar
13 Mei 2022 pukul 06.10 delete

Baru tau loh, ternyata bisa perpanjangan SIM secara Online, kebetulan banget SIM suami udah mau habis masa aktifnya

Reply
avatar
13 Mei 2022 pukul 10.03 delete

Iya bisa mbak.. tapi tes kesehatan tetap datang ke fasilitas kesehatan yang ditunjuk..

Reply
avatar
4 Juni 2022 pukul 12.17 delete

ternyata sekarang bisa perpanjangan sim secara online ya kak, bakal makin memudahkan karena bisa dilakukan via aplikasi

Reply
avatar
4 Juni 2022 pukul 19.03 delete

Wah, sudah berhasil perpanjangan SIM dengan aplikasi ya. Kebetulan kemarin kakakku baru nyoba belum bisa-bisa. Kendalanya di foto. Harus coba lagi semoga bisa.

Reply
avatar
4 Juni 2022 pukul 21.26 delete

Ini yang namanya efektif dan efisien. memangkas kerja calo dan membuat kepengurusan SIM jauh lebih mudah dan nyaman. kalau semua syarat terpenuhi pasti SIM nya bakalan jadi ya

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 14.06 delete

Beberapa waktu lalu, adikku harus perpanjangan sim nih. Ternyata bisa lewat online juga perpanjangan sim. Nanti aku bisa informasikan ke adikku nih. Biar dia nggak usah bingung lagi mau perpanjangan sim gimana.

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 14.07 delete

Ternyata perpanjangan sim bisa melalui online. Kebetulan kemarin adikku bilang mau perpanjangan simnya. Bisa kali ya aku informasikan tentang ini ke dia. Biar nggak bingung lagi gimana mau perpanjangan simnya.

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 14.09 delete

Ternyata perpanjangan sim bisa melalui online. Kebetulan kemarin adikku bilang mau perpanjangan simnya. Bisa kali ya aku informasikan tentang ini ke dia. Biar nggak bingung lagi gimana mau perpanjangan simnya.

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 14.09 delete

Ternyata perpanjangan sim bisa melalui online. Kebetulan kemarin adikku bilang mau perpanjangan simnya. Bisa kali ya aku informasikan tentang ini ke dia. Biar nggak bingung lagi gimana mau perpanjangan simnya.

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 16.33 delete

Bisa nih kalau pas SIMku mau akhir waktu. Bisa coba lewat online, tinggal donwload aplikasinya dan siapkan dokumennya.

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 19.33 delete

Wah sekarang kalau pakai sistem digital seperti ini, maka jadi lebih mudah dan cepat ya mbak dalam mengurus SIM ini

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 19.38 delete

aku balik lagi kesini untuk kasi tau temenku soal perpanjang SIM yang sekarang sudah bisa online.. mantap deh ga perlu nunggu-nunggu lama.

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 21.15 delete

aku belum punya sim, mbak. Jadi belum tahu rasanya bikoin dna perpanjangan sim. Tapi atas infromasi ini terimakasih. ternyata perpoanjang sim itu mudah, bisa online

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 22.08 delete

meski belum punya SIM karena emang belum bisa nyetir, tapi jadi info terbaik nih, kali nanti besok-besok kalau punya SIM dan mau perpanjang bisa pakai cara online ini aja biar gak ribet harus ngantri :D

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 22.26 delete

Aku kemarin baru aja ceki-ceki, SIMku masih berlaku atau engga yaa..
Soalnya sering lupa, apalagi masa pandemi yang sehari-hari di rumah aja.
Kini, semua perlahan kembali normal dan mamak kudu anterin anak-anak sekolah lagi.

Jadi penting teliti melihat tanggal perpanjangan SIM agar bisa mengira-ngira untuk waktu perpanjangan via online menggunakan aplikasi Digital Korlantas.

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 22.37 delete

Waah keren nah gitu dong akhirnya bisa perpanjangan SIM online aja pake aplikasi g perlu antri ke kntor polisi

Reply
avatar
5 Juni 2022 pukul 23.38 delete

Wah, sama juga nih pengalaman temen saya 2 minggu yang lalu perpanjang SIM
Thank you mba udah selengkap ini bahasnya

Reply
avatar
6 Juni 2022 pukul 04.42 delete

Oh perpanjang SIM bisa ya lewat online, enak ya jadi lebih mudah dan praktis. Untuk yang susah cuti atau gak bisa keluar rumah bisa via online

Reply
avatar
6 Juni 2022 pukul 05.31 delete

Yaah, waktu aku perpanjang SIM beberapa tahun lalu masih ke SATPAS kak, males banget sih emang hiks. Kemarin bantu tetangga yang SIM-nya ilang jug amudah banget pake aplikasi Korlantas ini

Reply
avatar