Tips Membeli Mobil Bekas Yang Harus Diperhatikan

Membeli mobil bekas dapat menjadi alternatif yang menarik untuk memenuhi kebutuhan transportasi. Namun, sebelum Anda melakukan pembelian, penting untuk memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Tips Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas.

1. Anggaran

Tentukan anggaran yang disiapkan untuk membeli mobil bekas. Pastikan anggarannya sesuai dengan rata-rata harga mobil bekas dengan tipe jenis tertentu.


2. Pilih jenis mobil yang ingin dibeli

Lakukan riset tentang model mobil yang diminati. Ketahui spesifikasi, performa, dan reputasi umum mobil tersebut. Baca ulasan pengguna dan tinjauan dari sumber terpercaya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kelebihan dan kekurangan mobil tersebut.

Pentingnya juga untuk mengetahui berapa rata-rata konsumsi bahan bakar mobil tersebut. Biasanya review mobil jenis tertentu menyertakan konsumsi bahan bakar tersebut. 

Misalnya, untuk starlet ep limited edition 85 konsumsi bahan bakarnya 1 : 14 artinya 1 liter untuk 14 km. Sedangkan konsumsi bahan bakar innova v luxury sebesar 1:9 artinya 1 liter untuk 9 km. Dari sini kita bisa tahu apakah mobil yang akan dibeli itu bahan bakarnya hemat atau tidak. Cara melihat kendaraan itu hemat atau tidak bisa dilihat di indikator bensin di dashboard kalau untuk mobil innova V Luxury.

Tanyakan juga tentang berapa pajak tahunan mobil bekas yang akan dibeli. Apakah pajak tahunan tersebut tidak memberatkan. 


3. Riwayat Perawatan

Periksa riwayat perawatan mobil. Perhatikan apakah mobil tersebut memiliki riwayat servis yang teratur dan dilakukan di bengkel resmi. Riwayat perawatan yang baik menunjukkan bahwa mobil telah dirawat dengan baik dan memiliki peluang yang lebih baik untuk memiliki masa pakai yang panjang.


4. Kilometer Mobil

Anda tidak perlu sungkan untuk bertanya tentang kepemilikan mobil. Apakah mobil tersebut sudah berpindah tangan beberapa kali atau kah pemilik aslinya yang menjual.

Beberapa pembeli mempertimbangkan kepemilikan mobil ini. Jika masih dimiliki oleh tangan pertama, maka modifikasi mobil masih jarang dilakukan dan bisa ditelusuri riwayat servis atau kendala mobil tersebut.

Perhatikan jumlah kilometer yang telah ditempuh oleh mobil tersebut. Semakin banyak kilometer yang telah ditempuh, maka semakin besar kemungkinan adanya masalah mekanis di masa depan. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan tentang sejarah pemakaian mobil kepada pemilik sebelumnya. Atau bisa cek di buku servis untuk melihat kilometer penggunaan.


5. Inspeksi Mekanis

Sebelum membeli mobil bekas, selalu lakukan inspeksi mekanis. Anda dapat mengajak seorang mekanik terpercaya untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Pemeriksaan ini akan membantu Anda menemukan masalah yang mungkin tidak terlihat pada pandangan pertama, seperti kerusakan mesin atau kebocoran pada sistem kelistrikan.


6. Inspeksi Interior

Inspeksi interior mobil ini juga penting untuk menjadi kepuasan dalam membeli mobil bekas. Interior ini bisa dilihat dari kondisi dashboard, bahan jok mobil, dan lainnya.

Dengan model mobil tertentu, interior mobil terkesan mewah maupun sederhana. Beberapa mobil bekas masih terawat dengan baik ada yang tidak.

7. Catatan Kecelakaan

Pastikan untuk memeriksa apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau perbaikan besar lainnya. Periksa catatan sejarah mobil, seperti dokumen asuransi dan laporan kecelakaan. Mobil yang pernah mengalami kerusakan serius mungkin memiliki masalah tersembunyi yang dapat mempengaruhi performa dan keamanan mobil.

Jika tidak ada, Anda bisa memperhatikan kondisi fisik cat mobil atau ada bagian yang telah diganti. Dan tanyakan jika ada kejanggalan pada bagian tersebut. Biasanya jika mobil sudah pernah mengalami kecelakaan atau tabrakan, ada perbedaan warna cat mobil, jika diteliti dengan seksama.

Untuk mengetahui ciri fisik mobil yang pernah mengalami tabrakan, saya akan mengulasnya di artikel Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan.


8. Uji Coba

Lakukan uji coba dengan mengemudikan mobil tersebut. Perhatikan bagaimana mobil bergerak, bagaimana respons dari sistem kemudi, rem, transmisi, dan kenyamanan dalam berkendara. Jika memungkinkan, uji coba juga di berbagai kondisi jalan, termasuk di jalan raya.

Ada beberap tipe pengguna yang tidak suka dengan mesin 'berisik' sehingga tidak menyukai mobil berbahan bakar solar/diesel karena pasti suaranya 'berisik'. Tapi ada juga yang tidak masalah karena merasa mobil berbahan solar itu hemat dan bandel.

Perhatikan pula apakah transmisinya sudah automatic atau manual. Untuk pengguna di jalanan perkotaan yang sering macet memang disarankan untuk menggunakan transmisi automatic agar tidak capek karena harus menginjak kopling terus.


9. Dokumen Kendaraan

Pastikan Anda mendapatkan semua dokumen kendaraan yang diperlukan, seperti STNK, BPKB, faktur pembelian, dan sertifikat pemilikan sebelumnya. 


Demikianlah tips membeli mobil bekas yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

Tim Penulis Retroline Corner dikelola oleh penulis dan pendidik yang menyukai dunia otomotif Tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur

Related Posts

Previous
Next Post »