Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan

Mendeteksi apakah sebuah mobil pernah mengalami kecelakaan tidak selalu mudah, tetapi ada beberapa ciri yang dapat menjadi petunjuk adanya kerusakan atau perbaikan besar pada mobil tersebut. 

Walaupun sudah diperbaiki dan sudah dicat bagian mobil yang hilang catnya, tetap saja bisa dideteksi perbedaannya. Dan ini menjadi salah satu pertimbangan saat membeli mobil bekas.

Mobil penyok

Ciri Mobil yang Pernah Mengalami Kecelakaan

Berikut adalah beberapa ciri mobil yang pernah mengalami kecelakaan:

1. Perbedaan Warna atau Tampilan Eksterior

Perhatikan perbedaan warna atau kesenjangan dalam tampilan eksterior mobil. Jika terlihat ada perbedaan warna pada bagian-bagian tertentu, seperti panel pintu atau bagian bodi lainnya, itu bisa menjadi indikasi adanya perbaikan setelah kerusakan. Juga, perhatikan apakah ada ketidakcocokan dalam penutup panel atau garis-garis bodi yang tidak sejajar.

Tanyakan kepada pemiliknya apakah pernah mengalami tabrakan atau kecelakaan?

2. Tanda-Tanda Adanya Penyok atau Reparasi

Periksa dengan cermat setiap bagian mobil untuk melihat apakah ada tanda-tanda penyok atau perbaikan. Sentuh dan rasakan permukaan bodi mobil untuk mendeteksi ketidaksempurnaan atau ketidakrataan. Jika ada garis atau goresan yang terlihat tidak biasa, itu mungkin menandakan adanya perbaikan.

3. Lapisan Cat yang Tidak Rata atau Tidak Konsisten

Perhatikan lapisan cat mobil secara keseluruhan. Jika terlihat ada perbedaan dalam kecerahan, kilap, atau tekstur pada beberapa area mobil, hal itu bisa menunjukkan adanya perbaikan bodi yang dilakukan setelah kecelakaan.

4. Panel yang Tidak Sejajar atau Tidak Pas

Periksa apakah semua panel mobil pas dengan baik dan sejajar. Jika ada perbedaan tingkat atau jarak antara panel-panel, itu bisa mengindikasikan bahwa panel tersebut telah diganti atau diperbaiki setelah kecelakaan.

5. Sistem Kelistrikan atau Mekanis Bermasalah

Mobil yang pernah mengalami kecelakaan serius mungkin memiliki masalah pada sistem kelistrikan atau mekanis. Perhatikan apakah lampu-lampu, klakson, atau fitur-fitur elektronik lainnya berfungsi dengan baik. Selain itu, perhatikan juga performa mesin, transmisi, dan sistem suspensi.

6. Kerusakan Struktural atau Sasis

Jika mobil pernah mengalami kerusakan struktural serius, dapat terjadi perubahan pada integritas sasis atau kerangka mobil. Periksa apakah ada tanda-tanda perbaikan atau penggantian pada sasis, seperti lasan yang tidak rapi atau kekuatan yang berkurang.

7. Catatan dan Dokumen

Periksa dokumen sejarah mobil, seperti laporan kecelakaan, faktur perbaikan, atau catatan asuransi. Informasi ini dapat memberikan petunjuk tentang kerusakan yang dialami mobil sebelumnya.


Namun, perlu diingat bahwa ciri-ciri ini tidak selalu menunjukkan adanya kecelakaan. Beberapa ciri mungkin juga disebabkan oleh faktor lain, seperti usia atau perawatan yang buruk. Jika Anda curiga mobil bekas memiliki sejarah kecelakaan, lebih baik untuk melakukan inspeksi mekanis meny

Tim Penulis Retroline Corner dikelola oleh penulis dan pendidik yang menyukai dunia otomotif Tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur

Related Posts

Previous
Next Post »

11 comments

comments
27 Juni 2023 pukul 09.05 delete

Mobil memang sudah jadi kebutuhan harian ya, Mbak. Dan mobil bekas jadi solusi terbbaik kalau dana membeli mobil masih terbatas. Namun saat ingin membeli mobil, periksa juga semuanyya. Siapa tahu mobil pernah menggalami kecelakaan.

Reply
avatar
27 Juni 2023 pukul 12.03 delete

Penting banget mengetahui ciri-ciri mobil yang pernah mengalami kecelakaan, apalagi mobil tersebut adalah mobil second yang mau kita beli. Butuh keahlian memang dalam menelisik mobil yang pernah kecelakaan ini, kalau kita kurang paham, alangkah baiknya membawa teman atau orang yang paham dengan ciri-ciri mobil yang pernah kecelakaan

Reply
avatar
27 Juni 2023 pukul 17.17 delete

Bagi yang awam dengan dunia otomotif, paling aman memang ngajak orang yang paham permobilan. Apalagi kalau akan membeli mobil seken karena yaaa...namanya juga seken ya. Selalu ada kemungkinan pernah mengalami masalah tertentu sehingga dijual.

Reply
avatar
27 Juni 2023 pukul 17.35 delete

Kalau mau beli bukan baru memang kudu teliti melihat keseluruhan mobil. Apalagi bagian eksteriornya yang biasanya kentara ya kak, misalnya baret ataupun penyok

Reply
avatar
Han
27 Juni 2023 pukul 20.47 delete

Wahh asli sih ini bener bangett, apalagi bagian cek/periksa dokumen asuransi juga ituu jarang banget kan dilakuin ketika orang beli mobil second, padahal mah itu penting bangett

Reply
avatar
27 Juni 2023 pukul 20.49 delete

Aku tahunya cuman bagian penyok doang. Ternyata banyak juga ya ciri mobil yang pernah kecelakaan. Noted banget nih

Reply
avatar
27 Juni 2023 pukul 21.11 delete

Penting bgt tuh buat ngeliat tips ini biar kita ga ketipu kl sampe mobil ini pernah kecelakaan/tdk. Emg kita hrs super teliti sih kalo mau beli mobil. Jgn terlalu murah tp jg jgn terlalu mahal. Sesuai aja ama harga pasar.

Reply
avatar
27 Juni 2023 pukul 21.47 delete

Baru tahu saya kalo mobil bekas kecelakaan masih bida dideteksi. Bisa jadi patokan saat beli mobil bekas nih

Reply
avatar
27 Juni 2023 pukul 22.36 delete

Iya banget..
Mobil kami pernah beberapa kali mengalami bumping dan itu ngefek banget ke struktur aslinya meski uda dibenerin dan tampak normal. Alhamdulillahnya, dari segi fisik pastinya terlihat baik-baik aja. Tapi kalau diteliti dan dirasakan kembali, pastinya beda.

Reply
avatar
28 Juni 2023 pukul 03.04 delete

wah bagus banget nih ya tipsnya, jadi kita harus teliti kalau mau beli mobil bekas, jd bisa cek mobilnya bekas kecelakaan apa gak, apa-apa aja yg harus dicek biar gak kecele kalau beli mobil bekas ya

Reply
avatar
29 Juni 2023 pukul 21.57 delete

kalau beli mobil bekas sebaiknya memang harus mengecek secara keseluruhan yaa kak biar tau apa mobil tsb pernah mnegalami kejadian2 tertentu atau tidak.. seperti pada bodi dan mesin mobil

Reply
avatar