Agar Perjalanan Aman dan Nyaman, Lakukan Tips Perawatan Sepeda Motor Seperti Ini

Perawatan Sepeda Motor


Liburan tahun baru sebentar lagi. Kalian sudah merencanakan liburan kemana? Jika kalian akan pergi liburan ke luar kota dengan motor, maka kalian harus lakukan beberapa pengecekan dan perawatan motor sebelum liburan. Kenapa penting melakukan pengecekan motor sebelum perjalanan ke luar kota? Tentu saja aman berkendara, selamat sampai tujuan dan liburan kita menjadi menyenangkan.

Tips Perawatan Sepeda Motor Sebelum Perjalanan Jauh

Ini ada tips merawat motor dari salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia, Planet Ban, agar komponen penting sepeda motor tetap terjaga, yaitu:

1. Periksa kondisi ban motor

Banyak kejadian selama di perjalanan, ban motor bocor atau slip hingga terjadi kecelakaan. Hal itu bisa saja terjadi karena ban terkena benda tajam di jalan karena ban sudah tipis atau tidak dilakukan pengecekan sebelum berangkat.

Teman-teman harus mengenali kondisi ban kendaraan motor, apakah hanya kempes saja atau malah bocor? Teman-teman juga perlu mengecek tampilan luar ban motor, apakah alur mulai menipis, ada retakan, sobekan, atau tekstur ban bergelombang.

Apabila ban perlu diganti, Teman-teman juga perlu memastikan tekanan udara pada ban sudah dalam kondisi yang tepat.

Teman-teman bisa ganti ban di Planet Ban terdekat. Di Planet Ban banyak merek ban dan ukuran ban yang sesuai dengan motor Teman-teman.

2. Cek kondisi rem

Selain ban, komponen penting yang perlu Teman-teman cek adalah komponen pengereman agar perjalanan aman dan mengurangi resiko kecelakaan di jalan. Jika kondisi rem sudah terlalu dalam saat diinjak atau tuas ditarik, coba cek kebocoran dan volume minyak rem. Teman-teman perlu mempertimbangkan untuk mengganti kampas rem.

Bagaimana cara mengecek kondisi rem motor secara manual? Teman-teman coba cek di indikator petunjuk yang ada di setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batasnya maka bagian kampas motor perlu segera diganti. 

Cek rem motor



Tak hanya itu saja, Teman-teman juga perlu cek rem cakram motor melalui ketebalan kampas dan piringan rem.

3. Cek kondisi oli mesin

Oli mesin ini berperan penting agar mesin motor berjalan dengan baik. Sebelum liburan, Teman-teman perlu mengecek oli motor dengan melihat volume oli melalui stik atau indikator di kalter mesin.

Cek oli mesin


Jika punya catatan (record) penggantian oli, kalian bisa mengecek di kilometer berapa Teman-teman harus ganti oli motor, berlaku juga untuk mobil, ya. Pastikan oli motor bisa digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Mungkin Teman-teman bisa mengecek kandungan oli motor melalui deskripsi di kemasan oli yang digunakan karena kandungan oli ini bisa berpengaruh pada tingkat kepanasan mesin motor saat berkendara. Selain harus mempertimbangkan kekentalan (SAE) sesuai rekomendasi pabrik, pertimbangkan juga kandungan atau zat aditif penyusun oli.

Misalnya, kandungan ester dalam motor yang bisa menjaga tingkat kepanasan mesin motor. Kandungan ester pada oli mesin bisa menjaga kestabilan suhu mesin sehingga sangat cocok untuk perjalanan keluar kota.

Untuk mendapatkan oli motor dengan kandungan ester ini, kalian bisa datang ke Planet Ban. Harga oli motor dengan kandungan ester di Planet Ban ini terjangkau. Kalian bisa menggunakan oli eksklusif dari Planet Ban yaitu Oli X-Tren yang memiliki kandungan ester yang dapat menjaga suhu mesin motor stabil meski dalam torsi tinggi /kecepatan tinggi. Oli X-Tren ini bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer. Yah, bisa lah untuk keliling Pulau Jawa bahkan masih lebih.

4. Periksa aki motor

Pengecekan motor yang penting lainnya adalah pengecekan aki motor. Aki motor ini yang menjaga daya listrik motor sehingga mesin bisa menyala. Jika aki motor rusak maka kalian akan sulit untuk men-starternya ketika setelah istirahat beberapa saat.

Kalian harus tahu dulu apa jenis aki motor yang digunakan. Apakah aki kering atau basah. Jika aki basah, kalian bisa cek kondisi air aki sebelum perjalanan. Apakah air aki perlu diganti atau tidak.

Untuk cek voltase aki harus menggunakan alat, bila tidak punya, bisa dicek dengan cara manual. Coba kalian nyalakan mesin menggunakan elektrik starter, apakah indikator lampu pada speedo meredup atau tidak, bila meredup mengindikasikan aki dalam kondisi tidak 100%.

5. Periksa lampu kendaraan

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh adalah lampu rem, lampu sein, headlamp, stoplamp. Jika ada yang tidak berfungsi, mungkin kalian bisa mengganti bohlamnya.

6. Periksa skok

Satu komponen yang perlu dicek juga adalah skok motor. Kalian bisa mengeceknya dengan menaiki motor dan menggerakkan naik turun seperti melewati polisi tidur. Jika skok rusak, biasanya terjadi kebocoran skok dan kondisi itu tidak membuat nyaman dalam perjalanan.

Periksa skok motor

7. Periksa sistem pendingin

Jangan lupa cek sistem pendingin motor karena bagian ini sering terlupa dalam pengecekannya karena letak komponennya tidak terlihat secara langsung, khususnya untuk motor yang menggunakan mesin pendingin air.

Jika sistem pendingin motor bermasalah maka motor akan mengalami panas yang tidak normal karena panas tidak bisa diredam dengan baik oleh sistem pendingin.

Bahanya, mesin bisa mengalami overheat. Pastikan kalian sudah mengecek kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator. Apakah sudah cukup atau tidak, air dalam kondisi bersih atau tidak, ada kebocoran atau tidak, sehingga temperatur mesin motor tetap terjaga.

8. Periksa busi

Pemeriksaan busi motor adalah hal yang perlu dilakukan saat akan liburan di luar kota. Kondisi busi yang tidak optimal akan menyebabkan sistem perapian mesin tidak bekerja sempurna. Jika pengapian mesin terganggu maka kemungkinan mesin tidak akan mau menyala. Kalian bisa melakukan perawatan dengan membersihkan busi yang kotor dan cek kerenggangannya. Jika busi aus maka kalian bisa menggantinya. Untuk membuka busi, diperlukan kunci khusus disarankan agar dilakukan oleh yang berpengalaman. Kondisi busi juga dapat dilihat dari jarak penggunaannya, jika melewati masa pemakaian, maka busi bisa diganti.

9. Periksa CVT dan rantai

Kalian yang menggunakan motor matic saat akan liburan, kalian bisa mengecek CVT (Continuously Variable Transmission) di Planet Ban. Kondisi CVT hanya dapat di cek dengan membongkar cover, disarankan untuk dilakukan oleh yang berpengalaman.

Jika kalian menggunakan motor bebek/moped atau sport, maka cek rantai motor perlu dilakukan. Rantai motor bebek atau sport bisa dicek kondisi dengan pengamatan langsung. Sistem ini berperan melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda motor.

Jika kondisi CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan sempurna maka kinerja tenaga mesin motor akan terhambat.

Kesimpulan

Untuk menjaga performa optimal selama perjalanan, kalian perlu melakukan servis komponen CVT atau rantai sepeda motor sebelum perjalanan liburan.

Demikian Planet Ban memberi tips merawat motor sebelum liburan untuk kalian agar sepeda motor bekerja optimal dan perjalanan kalian tidak mengalami hambatan.

Jika kalian ingin mengganti ban dan mengecek komponen mesin sebelum liburan, kalian bisa datang ke Planet Ban. Kalian bisa konsultasi kondisi sepeda motor di Planet Ban tanpa biaya. Jika ingin lebih mudah, kalian bisa konsultasi online dulu secara gratis dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban melalui WhatsApp Costumer Service Planet Ban atau klik banner di bawah ini.

Segera kunjungi Planet Ban terdekat di kota kalian. Liburan akhir tahun di depan mata!

Konsultasi service motor



Tim Penulis Retroline Corner dikelola oleh penulis dan pendidik yang menyukai dunia otomotif Tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

6 comments

comments
8 Januari 2024 pukul 17.27 delete

Tips yang lengkap nih buat calon pemudik nanti. Perawatan berkala ini penting agar terhindar dari servis besar yang justru lebih mahal jatuhnya

Reply
avatar
9 Januari 2024 pukul 20.42 delete

Aku nggak pernah bepergian ke luar kota pakai motor, tapi tips ini hampir semuanya harus dilakukan sebelum menggunakan motor. Apalagi kalau hendak memulia perjalanan jauh, wajib abnget cek kondisi motor. kunjungi Planet ban deh buat minta bantuan.

Reply
avatar
10 Januari 2024 pukul 14.48 delete

Aku selalu berpergian pakai kendaraan sepeda motor. Dan, tip ini sangat berguna bagiku, karena jujur aja, biasanya cuma cel oli atau ban. Sedangkan yang lain terlewatkan. Terima kasih, Kak..

Reply
avatar
10 Januari 2024 pukul 21.47 delete

cocok banget buat teman-teman yang sering membawa motor sendirian setiap hari, dengan mengetahui perawatannya maka pastinya dijamin kendaraan kita jauh lebih awet dna pastinya bakal aman banget

Reply
avatar
11 Januari 2024 pukul 02.39 delete

Tips perawatan motor yang sangat rinci dan detail.

Kalau rem suka bunyi tuh apa udah pasti kampasnya yang sudah perlu diganti ya? Karena belum lama ganti tapi tetep aja bunyi ngik ngik gitu.

Reply
avatar
13 Januari 2024 pukul 21.35 delete

Perawatan motor emang utama, karena menjamin keselamatan di jalan. Bagus banget tips yang pulang mudik nih nanti.

Reply
avatar